E-Materai Bermasalah – Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang Hingga 10 September

bagikan

E-Meterai yang mengalami masalah berdampak buruk dengan perpanjangan pendaftaran CPNS 2024 hingga 10 September.

E-Materai-Bermasalah---Pendaftaran-CPNS-2024-Diperpanjang-Hingga-10-September

Keputusan ini diambil setelah terjadi kendala teknis pada sistem e-meterai yang dikelola oleh Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), yang menyebabkan banyak pelamar tidak dapat menyelesaikan proses pendaftaran tepat waktu. Dibawah ini akan membahas tentang E-Meterai dan menyebabkan perpanjangan pendaftaran CPNS 2024.

Kendala Teknis pada Sistem E-Meterai

Masalah utama yang dihadapi adalah kesulitan dalam pembelian dan pembubuhan E-Meterai, yang merupakan salah satu syarat penting dalam proses pendaftaran CPNS. Banyak pelamar melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses atau menyelesaikan transaksi e-meterai, yang mengakibatkan tertundanya penyelesaian pendaftaran mereka.

Plt Kepala BKN, Haryomo Dwiputranto, dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa perpanjangan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini. “Untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat, bersama ini kami sampaikan penyesuaian jadwal Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TA 2024,” ujarnya.

Jadwal Pendaftaran Terbaru

Dengan adanya perpanjangan ini, jadwal pendaftaran CPNS 2024 mengalami beberapa perubahan. Berikut adalah jadwal terbaru yang telah diumumkan oleh BKN:

  • Pendaftaran seleksi: Hingga 10 September 2024.
  • Pendaftaran CPNS Kemendikbudristek: 31 Agustus – 13 September 2024.
  • Pendaftaran CPNS Kemenag: 1 – 14 September 2024.
  • Seleksi administrasi: Hingga 17 September 2024.
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 14 – 19 September 2024.
  • Konfirmasi penggunaan SKD CPNS 2023 oleh peserta: 18 – 28 September 2024.
  • Masa sanggah: 20 – 22 September 2024.
  • Jawab sanggah: 20 – 24 September 2024.
  • Pengumuman pasca masa sanggah: 23 – 29 September 2024.
  • Penarikan data final SKD CPNS: 29 September – 1 Oktober 2024.
  • Penjadwalan SKD CPNS: 2 – 8 Oktober 2024.
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKD CPNS: 9 – 15 Oktober 2024.
  • Pelaksanaan SKD CPNS: 16 Oktober – 14 November 2024.
  • Pengolahan nilai SKD CPNS: 23 Oktober – 16 November 2024.
  • Pengumuman hasil SKD CPNS: 17 – 19 November 2024.
  • Pelaksanaan SKB CPNS Non-CAT: 20 November – 17 Desember 2024.

Baca Juga: Telkom Tampilkan Layanan Telekomunikasi Terbaik di HLF MSP & IAF 2024

Reaksi dari Calon Pelamar

Perpanjangan masa pendaftaran ini disambut baik oleh banyak calon pelamar yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran. Banyak dari mereka yang merasa lega karena masih memiliki waktu tambahan untuk menyelesaikan pendaftaran mereka. “Saya sangat bersyukur dengan perpanjangan ini. Saya sempat panik karena tidak bisa membeli e-meterai, tapi sekarang saya punya waktu lebih untuk menyelesaikan pendaftaran,” ujar salah satu calon pelamar.

Namun, ada juga yang mengkritik sistem e-meterai yang dianggap tidak siap menghadapi lonjakan permintaan dari calon pelamar CPNS. “Seharusnya sistem e-meterai sudah siap menghadapi situasi seperti ini. Banyak dari kami yang merasa dirugikan karena tidak bisa menyelesaikan pendaftaran tepat waktu,” keluh seorang pelamar lainnya.

Tanggapan dari BKN dan Peruri

Menanggapi keluhan ini, BKN dan Peruri berjanji akan melakukan perbaikan dan peningkatan pada sistem e-meterai agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. “Kami akan terus berkoordinasi dengan Peruri untuk memastikan bahwa sistem e-meterai dapat berfungsi dengan baik dan tidak menghambat proses pendaftaran CPNS,” kata Haryomo Dwiputranto.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, juga menambahkan bahwa kendala teknis ini tidak sepenuhnya dapat dibebankan kepada para calon pelamar. Oleh karena itu, Panselnas mengambil kebijakan dengan memberikan tambahan waktu pendaftaran selama 4 hari. “Pemerintah lewat Panselnas ingin memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini,” ujarnya.

Kesimpulan

Perpanjangan masa pendaftaran CPNS 2024 hingga 10 September 2024 memberikan kesempatan tambahan bagi calon pelamar yang mengalami kendala teknis pada sistem e-meterai. Meskipun ada kritik terhadap kesiapan sistem, langkah ini diharapkan dapat mengakomodasi semua pelamar dan memastikan proses seleksi berjalan lancar. BKN dan Peruri berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

Sekian informasi yang kami berikan kepada kalian tentang bermasalahnya E-Meterei. Jika anda tertarik dengan penjelasan yang kami berikan, maka kunjungi juga kami tentang penjelasan yang lainnya hanya dengan klik link viralfirstnews.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *